Pengembangan Game Edukasi Kata Benda Dalam Bahasa Inggris Berbasis Quantum Learning
Abstract
Game edukasi mampu melatih daya pola pikir anak-anak, sehingga dapat meningkatkan
tingkat konsentrasi serta dapat melatih anak-anak untuk memecahkan dan menyelesaikan
permasalahan. Cara ini dapat memudahkan anak-anak dalam memahami materi pelajaran yang
disajikan. Game edukasi menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam
proses pembelajaran. Pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran wajib di setiap Sekolah.
Namun pelajaran bahasa Inggris menjadi pelajaran yang sulit untuk diikuti setiap anak-anak.
Karena kesulitan yang dialami, anak-anak menjadi hilang fokus dan kurang berkonsentrasi
terhadap mata pelajaran tersebut. Maka dari itu pentingnya metode belajar diterapkan untuk
meningkatkan minat belajar, dan konsetrasi anak-anak saat belajar bahasa Inggris. Metode
Quantum learning yang diterapkan pada pengembangan game edukasi, dapat menambah minat
belajar, dan meningkatkan konsentrasi anak-anak. Hal ini dapat dikatakan, karena berdasarkan
hasil pengujian terhadap anak-anak didapatkan bahwa metode belajar quantum learning pada
pengembangan game edukasi memiliki pengaruh terhadap proses belajar anak-anak, yang
dimana dapat dilihat dari selisih rata-rata nilai pretest dan posttest yakni memiliki kenaikan
score sebanyak 38,35. Metode belajar quantum learning yang diterapkan pada game edukasi
juga juga mendapatkan validasi dari para guru, bahwa game edukasi tersebut dapat membantu
proses belajar anak dengan persentase sebesar 93,1%.
Collections
- Informatics Engineering [2148]