dc.description.abstract | Pembelajaran di masa pandemi menjadi problem bagi sebagian lembaga
pendidikan. Sebagian sekolah tidak siap melakukan pembelajaran jarak jauh karena
keterbatasan kemampuan guru dan orang tua dalam menggunakan teknologi.
Sementara itu, selama masa pandemi banyak siswa yang prestasinya menurun
karena pembelajaran yang kurang efektif sehingga perlu adanya peran guru dan
peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi.
Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana
peran guru dan peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar di masa
pandemi.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang
bersifat penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di UPTD SD Negeri 13
Perupuk kecamatan Lima Puluh Pesisir kabupaten Batubara. Informan dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Sedangkan
pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini dilakukan dengan member checking,
yaitu menanyakan kembali kepada informan hasil wawancara yang telah dilakukan
agar diperkuat dan dikoreksi kebenarannya. Sedangkan teknik analisis data dengan
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa peran dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi, yaitu: (a) guru memberikan
materi pembelajaran melalui Whatsapp group bersama orang tua (b) guru
melakukan monitoring dari rumah ke rumah (c) guru membuat kelompok belajar
per dusun di salah satu rumah orang tua siswa (d) guru melakukan pembelajaran
melalui media youtube dan membuat kuis melalui microsoft 365 khusus kelas VI.
Peran orang adalah: (a) orang tua sebagai pendidik layaknya guru saat di sekolah
(b) orang tua sebagai motivator (c) orang tua mengawasi dan memperhatikan
kinerja belajar anak selama BDR (d) orang tua sebagai fasilitator, teknik
memasukkan anaknya ke les privat. | en_US |