Harapan, Eustress, Dan Distress Dalam Mengikuti Pembelajaran Pada Siswa Sma/Ma Negeri Kota Yogyakarta Saat Pandemi Covid-19
Abstract
Keadaan abnormal seperti pandemi COVID -19 menimbulkan berbagai macam
dampak seperti dampak stres pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah melihat
korelasi antara eustress dengan harapan dan distress dengan harapan. Partisipan
penelitian ini berjumlah 427 siswa SMA/MA Negeri Kota Yogyakarta yang
mengikuti pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 dengan rentang usia
14-19 tahun dan terdiri dari 115 siswa laki-laki dan 312 siswa perempuan. Skala
stres yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Adolescent Distress-Eustress
Scale yang menggunakan teori Selye, sedangkan skala harapan yang berlandaskan
teori Snyder menggunakan The State Hope Scale. Pengolahan data dibantu dengan
program SPSS Ver. 21 for Windows serta metode analisis data yang digunakan
adalah uji korelasi Spearman’s rho. Hasil yang didapatkan adalah adanya korelasi
positif antara eustress denganۡ harapanۡ (r(427)ۡ =ۡ 0.584;ۡ ρۡ <ۡ 0.01)ۡ danۡ korelasiۡ
negatif antara distress dengan harapan (r(427) = -0.354;ۡρۡ<ۡ0.01)ۡ,ۡdenganۡkataۡlainۡ
kedua hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2173]