Show simple item record

dc.contributor.advisorAndhika Giri Persada, S.Kom., M.Eng.
dc.contributor.authorRAHMAD HIDAYAT SAPUTRO
dc.date.accessioned2022-01-17T06:18:55Z
dc.date.available2022-01-17T06:18:55Z
dc.date.issued2021-06-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35833
dc.description.abstractPendidikan merupakan upaya untuk mempersiapkan siswa dengan baik supaya bisa menghadapi perkembangan zaman yang terus berkembang. Maka dari itu, pembelajaran harus dilaksanakan dengan sebaik baiknya sehingga menghasilkan siswa yang berkualitas. Proses pembelajaran harus tetap dilaksanakan dalam kondisi apapun, karena siswa sekolah berhak mendapatkan pembelajaran yang baik disegala situasi seperti halnya kondisi saat ini dimana penyebaran wabah Covid-19 sedang meningkat. Dalam hal ini, SMP Muhammadiyah Ngemplak yang terletak di Kapanewon Ngemplak merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan metode pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang dilakukan menggunakan platform meeting dan media social. Namun dalam pelaksanaannya masih kurang optimal karena siswa masih sulit untuk memahami materi yang diberikan guru pada saat pembelajaran daring dilakukan. Maka dari itu, penulis menawarkan solusi untuk meningkatkan proses pembelajaran daring dengan mengimplementasikan gim edukasi di SMP Muhammadiyah Ngemplak. Metode yang digunakan penulis dalam pengabdian ini menggunakan komunikasi secara langsung kepada pihak terkait dengan turun langsung ke lapangan supaya pengabdian berjalan dengan baik. Metode ini terdiri dari tujuh tahap yaitu Identifikasi Kebutuhan, Observasi Wilayah, Penentuan Tujuan, Pengukuran Data, Pelaksanaan Pengabdian dan Pengukuran Indikator Keberhasilan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa implementasi gim edukasi dapat digunakan untuk alternatif pembelajaran daring supaya pembelajaran daring dapat memberikan suasana yang lebih menarik dan menyenangkan. Pihak sekolah memberikan tanggapan positif mengenai penerapan gim edukasi yang sudah diimplementasikan. Impelementasi gim edukasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran daring dan memberikan pengalaman yang menarik bagi siswa saat belajaren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectProses Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectGim Edukasien_US
dc.titlePemanfaatan Gim Edukasi Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Ngemplaken_US
dc.Identifier.NIM17523102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record