Pemanfaatan Gim Edukasi Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Ngemplak
Abstract
Pendidikan merupakan upaya untuk mempersiapkan siswa dengan baik supaya bisa
menghadapi perkembangan zaman yang terus berkembang. Maka dari itu, pembelajaran harus
dilaksanakan dengan sebaik baiknya sehingga menghasilkan siswa yang berkualitas. Proses
pembelajaran harus tetap dilaksanakan dalam kondisi apapun, karena siswa sekolah berhak
mendapatkan pembelajaran yang baik disegala situasi seperti halnya kondisi saat ini dimana
penyebaran wabah Covid-19 sedang meningkat. Dalam hal ini, SMP Muhammadiyah
Ngemplak yang terletak di Kapanewon Ngemplak merupakan salah satu sekolah yang sudah
menerapkan metode pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang dilakukan menggunakan
platform meeting dan media social. Namun dalam pelaksanaannya masih kurang optimal
karena siswa masih sulit untuk memahami materi yang diberikan guru pada saat pembelajaran
daring dilakukan. Maka dari itu, penulis menawarkan solusi untuk meningkatkan proses
pembelajaran daring dengan mengimplementasikan gim edukasi di SMP Muhammadiyah
Ngemplak. Metode yang digunakan penulis dalam pengabdian ini menggunakan komunikasi
secara langsung kepada pihak terkait dengan turun langsung ke lapangan supaya pengabdian
berjalan dengan baik. Metode ini terdiri dari tujuh tahap yaitu Identifikasi Kebutuhan,
Observasi Wilayah, Penentuan Tujuan, Pengukuran Data, Pelaksanaan Pengabdian dan
Pengukuran Indikator Keberhasilan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa
implementasi gim edukasi dapat digunakan untuk alternatif pembelajaran daring supaya
pembelajaran daring dapat memberikan suasana yang lebih menarik dan menyenangkan. Pihak
sekolah memberikan tanggapan positif mengenai penerapan gim edukasi yang sudah
diimplementasikan. Impelementasi gim edukasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
daring dan memberikan pengalaman yang menarik bagi siswa saat belajar
Collections
- Informatics Engineering [2143]