Hubungan Antara Religiusitas Dengan Harga Diri Pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara religiusitas dengan harga
diri pada mahasiswa. Pengujian hipotesis didasarkan pada asumsi bahwa semakin
tinggi tingkat religiusitas pada mahasiswa maka semakin tinggi harga dirinya.
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Prodi Psikologi dan Teknik
Mesin di Universitas Islam Indonesia, berusia 17-23 tahun. Subjek dalam
penelitian ini berjumlah 72 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala
religiusitas yang didasarkan pada teori Glock dan Stark (Ancok & Suroso, 2004),
dan skala harga diri yang diadaptasi dari Coopersmith (Azwar, 2010). Data yang
telah dikumpulkan kemudian diproses menggunakan analisis Product Moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa harga diri secara signifikan berhubungan
dengan religiusitas dengan nilai r=0.596 dan nilai p=0.00 (p<0.01). Sehingga
disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas mahasiswa maka semakin
tinggi pula harga diri pada mahasiswa.
Kata Kunci: harga diri, religiusitas, mahasiswa
Collections
- Psychology [2173]