Perilaku Konsumtif Mahasiswi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Neouroticism, Extraversion Dan Openness To Experience
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan antara tipe kepribadian
neouroticism, extraversion, oppeness to experience dengan perilaku konsumtif.
Hipotesis yang digunakan ada hubungan positif antara extraversion dengan perilaku
konsumtif pada mahasiswa, ada hubungan positif antara openes to experience
dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa, ada hubungan positif antara neuroticsm
dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 100
mahasiswi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia
angkatan 2010 dan 2011 berusia 17-21 tahun Hasil analisis diperoleh koefisien alpha
sebesar 0,881 untuk variabel neuroticsm, 0,858 untuk variabel extraversion dan 0,850
untuk variabel openness to experience. Hasil analisis menunjukan bahwa perilaku
konsumtif memiliki koefisien alpha sebesar 0,908. Kedua skala dianalisis
menggunakan analisis product moment dari Pearson dengan bantuan program SPSS
versi 15,00 for windows. Hasil analisis menunjukan bahwa kedua variabel memiliki
sebaran normal dengan koefisien yang linear, sedangkan koefisien korelasi antara tipe
kepribadian neuroticsm sebesar 0,007, koefisien korelasi antara tipe kepribadian
extrovert 0,773 dan koefisien korelasi antara tipe kepribadian openness to experience
sebesar 0,790 terhadap perilaku perilaku dengan p (one tailed) = 0,000 (p<0,05). Maka
kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada hubungan yang signifikan antara tipe
kepribadian neouroticism, extraversion, oppeness to experience dengan perilaku
konsumtif, semakin tinggi tipe kepribadian tertentu maka semakin tinggi perilaku
konsumtif, begitu sebaliknya.
Keyword : tipe kepribadian, neouroticism, extraversion, openness to experience
perilaku konsumtif, mahasiswi
Collections
- Psychology [2178]