Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Sri Kusumadewi, S.Si., M.T.
dc.contributor.authorRendy Ressa Sutrisno
dc.date.accessioned2021-12-24T06:38:42Z
dc.date.available2021-12-24T06:38:42Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35399
dc.description.abstractBisnis pelayanan kesehatan masyarakat belakangan ini semakin berkembang pesat dan persaingan dari pihak pemerintah maupun swasta juga semakin ketat. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengambilan keputusan yang tepat oleh seorang direktur untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas masyarakat. Untuk mengambil keputusan terbaik, dibutuhkan laporan statistik dari tiap divisi dalam rumah sakit tiap periodenya untuk dipelajari dan dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe business intelligence untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyediakan akses ke basisdata untuk membantu direktur dalam mengambil keputusan terbaik. Sistem juga mampu memberikan saran pengambilan keputusan, melakukan berbagai query dan memberikan laporan dengan pola tertentu dari tiap divisi, On-Line Analitical Processing (OLAP), analisis statistik, dan forecasting. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dan wawancara dengan Direktur Rumah Sakit Aisyiah Kudus sebagai tempat studi kasus. Selain itu, metode lainnya adalah observasi dan analisis berbagai literatur (buku, jurnal, hasil penelitian, internet) yang terkait dengan pengembangan sistem business intelligence. Perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) dengan Use Case dan Activity Diagram. Sedangkan skema data warehousing menggunakan model Star Schema. Untuk analisis trend dan peramalan, metode yang digunakan adalah Least Square Method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi yang ditampilkan oleh sistem berupa grafik yang disertai analisis dan peramalan mudah diterima, informatif, dan dapat dibaca serta dipahami dengan mudah. Kemudahan penggunaan dan antarmuka sistem mempunyai nilai lebih bagi pengguna. Sedangkan efektifitas sistem belum dapat dirasakan secara maksimal karena SIM Rumah Sakit belum dijalankan secara penuh oleh pihak rumah sakit. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa Business intelligence system manajemen rumah sakit, khususnya dalam analisis data rekam medis menggunakan grafik yang dilengkapi analisis statistik dan peramalan dapat membantu pihak manajemen rumah sakit dalam mengambil keputusan manajerial. Selain itu penyajian data laporan dalam bentuk grafik lebih mudah dibaca, dipahami, dan dianalisis dibandingkan dengan penyajian menggunakan angka-angka dalam tabel. Kata Kunci: Business intelligence, data warehouse, OLAP.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBusiness intelligenceen_US
dc.subjectdata warehouseen_US
dc.subjectOLAPen_US
dc.titlePrototipe Business Intelligence Manajemen Rumah Sakiten_US
dc.Identifier.NIM07523232


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record