Sistem Informasi Manajemen Instalasi Gawat Darurat (IGD) BP-RB PKU Muhammadiyah Pakem Sleman, Yogyakarta
Abstract
BP-RB PKU Muhammadiyah Pakem merupakan balai pengobatan yang masih tergolong baru dan dengan serius sedang mempersiapkan infra struktur hardware, software dan brainware khususnya pada Instalasi Gawat Darurat (IGD), karena Instalasi Gawat Darurat adalah ujung tombak atau etalase dari suatu media pelayanan kesehatan. Pasien-pasien yang datang ke IGD merupakan pasien yang dalam kondisi terancam nyawanya atau dalam keadaan darurat memerlukan pertolongan yang cepat dan tepat. Selama kurang lebih 11 tahun berdirinya BP-RB PKU Muhammadiyah Pakem, proses pendaftaran pasien, rekam medis dan penghitungan pembayaran masih dilakukan dengan manual sehingga pasien harus menunggu dulu untuk melakukan pemeriksaan atau pembayaran. Laporan IGD perhari, pertahun dan perbulan juga masih menggunakan tulis tangan dengan sebuah buku besar sehingga petugas harus menulis beberapa rekapan data. Ini mmbuat pencarian dalam rekam medis dan data kunjungan periksa pasien sebelumnya lebih lama karena harus mencari perbaris dan perlembar. Data juga menjadi sangat riskan sekali terselip atau salah dalam perhitungan data dan biaya. Sistem Informasi Manajemen IGD merupakan sistem informasi yang membantu para praktisi kesehatan dalam manajemen proses dalam IGD. Praktisi kesehatan yang dimaksud disini adalah petugas IGD dan dokter. Petugas IGD lebih cepat dan mudah dalam proses pendaftaran pasien, proses kunjungan pasien dan penghitungan biaya kunjungan karena semuanya telah dbuat dengan otomatis .Dokter lebih mudah dalam pencarian rekam medis pasien kunjungan sebelumnya dan pencatatan rekam medis pasien sehingga pasien cepat dan tepat dalam penanganan. Kata kunci : IGD, manajemen, pasien, sistem informasi manajemen, petugas
Collections
- Informatics Engineering [2148]