Hubungan Antara Religiusitas Dengan Pengambilan Keputusan Membeli Bakso Dengan Label Halal Pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada hubungan antara religiusitas dengan
pengambilan keputusan membeli bakso dengan label halal pada mahasiswa.
Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan positif antara religiusitas dengan
pengambilan keputusan membeli bakso dengan label halal pada mahasiswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial
Budaya Universitas Islam Indonesia yang pernah mengkonsumsi bakso. Skala
yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengambilan keputusan
membeli bakso dengan label halal, yang mengacu pada tahapan pengambilan
keputusan membeli yang dikemukakan oleh Kotler (2005) dan skala religiusitas
berdasarkan dimensi religiusitas yang dikemukakan oleh Glock dan Strak (Ancok
dan Suroso, 1994). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
Product Moment dari Pearson menunjukkan korelasi sebesar r = 0.770 dengan p =
0.000 yang artinya hubungan positif yang sangat signifikan antara religiusitas
dengan pengambilan keputusan membeli bakso dengan label halal pada
mahasiswa, maka dari itu hipotesis diterima. Religiusitas memberikan
sumbangan efektif terhadap pengambilan keputusan membeli bakso dengan label
halal sebesar 59.3%.
Kata Kunci : religiusitas, pengambilan keputusan membeli bakso dengan
label halal, mahasiswa
Collections
- Psychology [2173]