Perancangan Model Pemilihan Laptop Berdasarkan Customer Behaviour Menggunakan GARC (Gain Based Association Rule Classification)
Abstract
Peningkatan penggunaan laptop dalam masyarakat khususnya bagi mahasiswa memberikan keuntungan untuk menawarkan pilihan yang beragam. Banyaknya pilihan laptop membuat konsumen sulit dan bingung untuk menentukan laptop yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan model pemilihan preferensi laptop yang dapat digunakan untuk memprediksi preferensi konsumen di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan klasifikasi untuk menemukan fungsi prediktif yang mengelaskan data ke dalam kelas yang telah ditentukan sebelumnya. Algoritma klasifikasi yang digunakan adalah Rough Set. Permasalahan utama dalam rough set ada;ah banyaknya rule yang dibangkitkan. Oleh sebab itu digunakan algoritma Gain based Association Rule Classification (GARC)untuk menyederhanakan rule yang ada. Algoritma ini menggunakan minimum confidence sebesar 50 % dan minimum support sebesar 3% untuk menghindari rule yang konflik dan redundan. Hasil dari penelitian ini adalah pola perilaku konsumen yang mempengaruhi preferensi konsumen pada produk laptop. Kata kunci : klasifikasi, GARC, Rough Set, perilaku konsumen, preferensi konsumen
Collections
- Industrial Engineering [2235]