Analisis Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pola Penataan Barang Pada Toko Swalayan
Abstract
Kegiatan penataan barang merupakan kegiatan dari suatu swalayan untuk
memajang barang untuk dapat mempengaruhi konsumen secara langsung maupun
tak langsung terhadap produk yang akan dijual. Dengan demikian penataan
barang merupakan suatu faktor yang mempengaruhi konsumen sehingga membuat
konsumen mudah untuk mendapatkan produk yang diinginkan.
Anilisis asosiasi adalah teknik data mining untuk menemukan aturan
asosiatif antara suatu kombinasi item. Penerapan analisis asosiasi dalam penelitian
ini diharapkan akan menemukan pola berupa produk yang dibeli bersamaan, yang
selanjutnya pola tersebut bisa digunakan untuk menempatkan produk yang dibeli
bersamaan dalam sebuah area yang saling berdekatan.
Analisis asosiasi dengan menggunakan algoritma apriori untuk
menentukan pola tata letak barang diharapkan dapat memberikan dukungan
keputusan terhadap penataan letak barang pada swalayan secara akurat. Dengan
pembuatan aplikasi dengan menggunakan algoritma apriori bisa menjadi solusi
untuk mendukung hasil keputusan ketika sebuah swalayan menata barangnya
sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Kata Kunci:
Analisis asosiasi, algoritma apriori
Collections
- Informatics Engineering [2162]