Analisis Persepsi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual Gap Untuk Meningkatkan Kualitas (Studi Kasus Dealer dan Bengkel Suzuki Medan Jaya Yogyakarta)
Abstract
Jasa yang berkembang pesat pada era globalisasi ini, membuat banyak negara mulai meningkatkan investasinya pada bidang jasa untuk meningkatkan perekonomiannya. PT. Medan Jaya Group Yogyakarta merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa lewat Bengkel dan Dealer Suzuki Medan Jaya. Perusahaan ini terus berkembang dan selalu berusaha untuk terus mengadakan pembenahan di semua sektor yang ada. Perlu diperhatikan oleh perusahaan pada saat ini, untuk dapat merebut dan menaklukan pasar di setiap kategori produk, bisa dengan cara membangun Perceived Quality yang kuat. Membangun Perceived Quality harus diikuti dengan peningkatan kualitas yang nyata dari produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan membandingkan kinerja perusahaan dan harapan pelanggan melalui pengukuran dimensi kualitas jasa.
Analisis yang digunakan adalah rata-rata, analisis GAP, maka akan diketahui bagaimana persepsi kualitas pelanggan Suzuki Medan Jaya. Untuk konteks jasa, meliputi dimensi bentuk fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.
Hasil penelitian akan ditampilkan pada diagram Cartesius yang terbagi atas 4(empat) kuadran. Kuadran 1(satu) adalah underact, tingkat performance rendah tetapi importance tinggi. Kuadran II(dua) maintenance, yaitu tingkat performance tinggi diikuti oleh importance tinggi pula. Kuadran III (tiga) disebut low priority yaitu tingkat performance rendah dan tingkat importance juga rendah sehingga. Dan kuadran IV (empat) disebut overact, yaitu tingkat performance tinggi tetapi tingkat importance rendah. Ini untuk mengetahui dimensi apakah yang harus dipertahankan dan perlu ditingkatkan setelah mengetahui Persepsi Kualitas pelanggan Suzuki Medan Jaya.
Kata kunci : GAP, kinerja, harapan, persepsi kualitas, diagram Cartesius
Collections
- Industrial Engineering [2225]