Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. R. Abdul Djalal, MM
dc.contributor.authorIbnu Satria Ramadhan
dc.date.accessioned2021-12-02T07:55:27Z
dc.date.available2021-12-02T07:55:27Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34902
dc.description.abstractAir merupakan sumber kehidupan, dan juga sumber daya nasional yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Keberadaannya sangat urgen dan melekat dalam menunjang kelangsungan semua makhluk hidup, maka pengolahannya dipegang oleh pemerintah. Hal ini sesuai dengan UUD 1945 Pasal 33 ayat (3). Sebagai sarana penyedia air bersih bagi masyarakat maka PDAM dan juga merupakan perpanjang tangan dari pemerintah sudah seharusnya mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh elemen yang berkepentingan dalam bisnis PDAM Tirta Mayang. Untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan, manajemen harus melakukan pengukuran kinerja yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan, serta bagaimana pencapaian visi dan misi perusahaan. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan strategi perusahaan ke depan, agar tercapainya semua target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dalam penelitian yang menggunakan metode Balance Scorecard ini, diukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Setelah diukur keempat perspektif tersebut, dilakukan pembobotan dengan metode Objective Matrix (OMAX). Dengan pembobotan ini, kita dapat melihat bagaimana kinerja dari masing-masing perspektif yang ada Hasil Indeks produktivitas (IP) menggunakan OMAX adalah perspektif keuangan memilki IP (3), perspektif pelanggan memilki IP (4,33), perspektif proses bisnis internal memiliki IP (1,98), dan perspektif perumbuhan dan pembelajaran memiliki IP (5,28). Dari hasil ini perspektif proses bisnis internal harus memdapat perhatian khusus dari pihak manajemen PDAM Tirta Mayang, agar kinerjanya meningkat, dan memerikan dampak yang positif bagi kinerja perusahaan secara keseluruhan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengukuran Dan Usaha Peningkatan Kinerjaen_US
dc.subjectPenerapan Balance Scorecarden_US
dc.subjectPerusahaan Jasa PDAMen_US
dc.subjectKota Jambi (Studi Kasus PDAM Tirta Mayang)en_US
dc.titlePengukuran Dan Usaha Peningkatan Kinerja Dengan Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan Jasa Pdam Di Kota Jambi (Studi Kasus PDAM Tirta Mayang)en_US
dc.Identifier.NIM05522061


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record