Implementasi Metode Kansei Engineering Dalam Perancangan Billing Ruang Pengguna Warnet Dengan Menggunakan Analisis Faktor ( Studi Kasus Warnet Horizon )
Abstract
Menentukan keinginan dan kebutuhan pelanggan merupakan suatu permasalahan
yang sangat penting.Warung internet (warnet) merupakan tempat pelayanan
internet umum komersil yang menyediakan jasa untuk akses internet. Oleh karena
itu para pengusaha warnet berusaha memberikan pelayanan terbaik mereka.
Ketidaknyamanan warnet dapat mengganggu konsentrasi dan privacy pengguna
pada saat menggunakan jasa layanan warnet. Pada penelitian ini dilakukan
analisis terhadap keinginan pelanggan akan warnet dan penentuan faktor dan
desain warnet yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Pada masalah ini
peneliti menggunakan metode kansei engineering. Penelitian dilakukan diwarnet
Horizon. Dimana dari kata-kata kansei (perasaan) dari pelanggan diidentifikasi
ke beberapa faktor yang kemudian dianalisis dengan menggunakan anlisis factor,
ada delapan faktor yang terbentuk dalam penelitian ini faktor pertama (kursi dan
meja), kedua (kebisingan dan gangguan) ,ketiga (pencahayaan),keempat
(kenyamanan) sedangkan faktor yang kelima (kerapian) yang keenam (suhu)
ketujuh (tata letak) dan yang kedelapan adalah keindahan yang kemudian
dijadiakn pertimbangan untuk menentukan kriteria desain dari suatu warnet
dalam aspek antropometri. Kesimpulan yang diharapkan dari penelitian ini
adalah menentukan faktor-faktor yang menentukan perubahan pada suatu warnet
dan menentukan kriteria desain sesuai dengan kansei (perasaan) dari pelanggan.
Kata kunci : Ergonomi, Kansei Engineering, Analisis Faktor, Antrophometri,
stasiun kerja (workstation).
Collections
- Industrial Engineering [2225]