Penerapan Metode Promethee Dalam Menganalisis Peringkat Minimarket Waralaba Berdasarkan Kepuasan Konsumen Di Jalan Seturan Yogyakarta
Abstract
Dengan semakin meningkatnya prestasi minimarket memungkinkan konsumen dapat memilih minimarket tertentu. Pengambilan keputusan untuk memilih suatu minimarket diperlukan bagi konsumen yang sangat mementingkan tentang kepuasan baik dari sisi pelayanan hingga ketersediaan barang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi peringkat dari ketiga minimarket di jalan seturan yaitu Indomaret, Alfamart dan Circle k berdasarkan kriteria-kriteria kepuasan konsumen yakni pelayanan, harga, kemudahan, kenyamanan, dan ketersediaan barang .
Penelitian dilakukan di Alfamart cabang seturan, Indomaret cabang seturan dan circkle k cabang seturan dengan penyebaran kuisioner kepada para konsumen minimarket yang bersangkutan. Dalam penelitian ini digunakan metode PROMETHEE meliputi metode Promethee I, dan II .
Hasil dari penelitian tersebut penentuan posisi peringkat minimarket tersebut, berdasarkan Promethee II diperoleh Indomaret sebagai peringkat pertama dengan nilai net flow sebesar 0,40, kemudian Alfamart sebagai peringkat kedua dengan nilai net flow sebesar -0,10 dan Circle k sebagai peringkat ketiga atau terakhir dengan nilai net flow sebesar -0,30.
Kata kunci: PROMETHEE, minimarket, kepuasan konsumen
Collections
- Industrial Engineering [2321]