Evaluasi Pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Usaha Franchising Dengan Menggunakan Metode Benchmarking (Studi Kasus di Alfamart Cilacap)
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengevaluasi pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) pelayanan pada perusahaan Alfamart dengan menggunakan metode benchmarking dan dianalisis menggunakan analisis SWOT. Penelitian dilakukan dengan cara mengajukan kuisioner terhadap 50 konsumen Alfamart sebagai alat dan teknik pengumpulan data. Perusahaan Alfamart sendiri juga dianalisis letak strateginya berada di posisi mana dengan menggunakan analisis SWOT, sehingga mendapatkan strategi untuk memajukan perusahaan. Dari 50 kuisioner yang diajukan hanya 47 kuisioner yang terkumpul. Data kuisioner tersebut yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS dengan menguji kecukupan data, uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan, dengan menggunakan analisis SWOT didapat hasil yaitu nilai x sebesar 1.70 dan nilai y sebesar 1.20, sehingga posisi Alfamart berada di kuadran I, yaitu pada sisi progesif. Berdasarkan nilai indeks diketahui bahwa Alfamart sudah menerapkan SOP dengan baik terhadap konsumen. Dengan menggunakan metode benchmarking didapat hasil pelayanan Alfamart lebih baik dari pembanding (Indomart). Dari 11 indikator hanya 3 indikator yang menyatakan Indomaret lebih unggul, yaitu pada indikator X2,X4 dan X7. Alfamart mendapat nilai indeks sebesar 39,20; 32,00 dan 38,00, sedangkan pada Indomaret mendapat nilai indeks 39,80; 34,60 dan 40,60. Kata kunci: SOP, analisis SWOT, benchmarking, SPSS, dan Alfamart
Collections
- Industrial Engineering [2224]