Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MITRA, Klaten)
Abstract
Dengan makin banyaknya rumah sakit yang tersebar diseluruh wilayah Klaten
dan sekitarnya, maka dapat dipastikan ketatnya persaingan diantara rumah sakit untuk
menarik minat konsumen akan terjadi. Tentunya konsumen akan dihadapkan pada
banyaknya pilihan atau alternatif yang ada. Oleh karena itu, setiap rumah sakit perlu
mengetahui bagaimana mengolah dan mengembangkan kualitas layanannya agar
menjadi lebih baik sehingga menjadi nilai positif bagi rumah sakit itu sendiri dalam
melayani pasiennya. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra telah menyediakan
berbagai macam bentuk pelayanan dan fasilitas yang ada. Perlu diperhatikan oleh
perusahaan pada saat ini, untuk dapat merebut dan menaklukan pasar di setiap
kategori produk, bisa dengan cara meningkatkan Quality Service.
Metode yang digunakan untuk menentukan Quality Service adalah Metode
Service Quality (servqual) yang menentukan kualitas layanan dengan analisa
kesenjangan/GAP. Analisis yang digunakan adalah rata-rata, analisis GAP, maka akan
diketahui bagaimana persepsi kualitas pelanggan Rumah Sakit Mitra. Untuk konteks
jasa, meliputi dimensi bentuk fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.
Untuk penanganan prioritas yang akan diambil digunakan diagram kartesius untuk
mengetahui dimensi apakah yang harus dipertahankan dan perlu ditingkatkan setelah
mengetahui Persepsi Kualitas pelanggan.
Dari analisa diagram kartesius berdasarkan konsep servqual maka diambil
prioritas perbaikan yaitu atribut yang dimensinya masuk kuadran I dan memiliki
kinerja terendah. Tujuan dari penelitian ini karena masih adanya ketidakpuasan
pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan sehingga dapat
mempengaruhi loyalitas pelanggan itu sendiri.
Kata kunci : Quality Service, GAP, diagram Cartesius, Metode Servqual.
Collections
- Industrial Engineering [2225]