”Pengukuran Kinerja Pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Berkelanjutan Berdasarkan Parameter BAN-PT”
Abstract
Kualitas dari sebuah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, dipengaruhi
oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah akreditasi dari perguruan tinggi tersebut.
DIKTI melalu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memasukkan
elemen-elemen manajemen kualitas pendidikan terhadap penilaian kinerja perguruan
tinggi baik negeri maupun swasta. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas
pendidikan secara berkesinambungan. Pada penelitian ini, jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII)
menggunakan metode benchmarking dengan siklus deming PDSA/PDCA (plan, do,
study/check, act). Jurusan Ilmu Komunikasi melakukan Peningkatan Kinerja dengan
standar BAN-PT tentang Visi Misi, Tata Pamong dan Mahasiswa serta Kelulusan.
Hasil dari penilaian jurusan Ilmu Komunikasi terhadap penilaian BAN-PT sebesar
78.47 dengan akreditasi B. Untuk penilaian BAN-PT sendiri menghasilkan nilai 86.92
Sedangkan penilaian target jurusan terhadap penilaian BAN-PT merencanakan akreditasi
B untuk akreditasi selanjutnya dengan nilai 76.83. Setelah jurusan Ilmu Komunikasi
melakukan benchmarking dengan standar BAN-PT dihasilkan gap sebesar 21.37. Dari
gap tersebut didapatkan Faktor Kunci Kesuksesan dan Critical Success Faktor (CSF).
Setelah implementasi, dihasilkan peningkatan nilai jurusan Ilmu Komunikasi dari 78.47
menjadi 86.92 terhadap penilaian BAN-PT dengan penurunan gap dari 21.37 menjadi
12.92.
Keyword:, Proses PDSA/PDCA, Critical Success Factor, dan Gap
Collections
- Industrial Engineering [2235]