Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Edy
dc.contributor.authorAdiwijaya, Nur
dc.date.accessioned2017-08-15T03:22:44Z
dc.date.available2017-08-15T03:22:44Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/3442
dc.description.abstractLaston atau Lapis Aspal Beton adalah salah satu jenis perkerasan jalan raya yang terdiri dari campuran aspal keras dan agregat yang bergradasi menerus yang dicampur dalam keadaan panas. Karakteristik lapis permukaan tersebut banyak dipengaruhi oleh bahan susun campuran dan cara pelaksanaan pembuatannya, yaitu pada saat pencampuran, penghamparan dan pemadatannya. Dalam penelitian ini digunakan bahan additive Gilsonite yang ditambahkan dalam campuran Laston tersebut dengan maksud untuk memperbaiki nilai stabilitas, mengurangi pengaruh air terhadap campuran, yang kadarnya divariasikan menjadi 7%, 8% dan 9% dan berat aspal. Kadar aspal yang digunakan adalah 6,3%, 6,7% dan 7,1% . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara pemeriksaan dengan metode Marshall dan hasilnya dibandingkan dengan Imersion Test. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Gilsonite yang optimal, pada campuran dengan kadar aspal 6,3%-6,7%. Hal ini dikarenakan nilai stabilitas yang tinggi, campuran bergilsonite pada kadar aspal tersebut mengalami kenaikan angka stabilitas antara 47,7% sampai dengan 60% daripada campuran yang Konvensional (tidak ditambah additive Gilsonite) dan hampir tidak berpengaruh pada perendaman selama 24 Jam.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectPerilaku Bahan Additive Gilsoniteen_US
dc.subjectCampuran Lastonen_US
dc.titlePerilaku Bahan Additive Gilsonite terhadap Campuran Lastonen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record