Sistem Informasi Monitoring Tumbuh Kembang Anak Pada Sekolah Paud Tunas Khomsiyah
Abstract
Faktor penting pembentukan kepribadian dan karakter seseorang adalah ketika dalam fase
pertumbuhan dan perkembangan. Untuk mendorong tumbuh kembang anak terutama ketika
fase “Golden Age”, maka dibentuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai wadah
pendidikan anak usia sejak lahir hingga enam tahun. Study kasus penelitian ini dilakukan pada
sekolah PAUD Tunas Khomsiyah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, proses
pelaporan hasil monitoring tumbuh kembang anak di PAUD Tunas Khomsiyah masih
dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan buku pendamping. Hasil laporan buku
pendamping tumbuh kembang anak tersebut ternyata belum mampu menciptakan keselarasan
monitoring antara sekolah dan wali murid karena proses pencatatan dan pencarian data yang
membutuhkan waktu lebih lama dengan jumlah anak didik yang banyak. Hal ini menyebabkan
proses tumbuh kembang anak menjadi kurang optimal. Pada sistem informasi monitoring
tumbuh kembang anak, pendidik dapat mengatur hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan
anak didik sesuai dengan kebutuhan pengelola.
Pengujian sistem pada penelitian ini menggunakan dua metode yaitu black box dan system
usability scale (SUS). Berdasarkan pengujian tersebut didapatkan hasil metode black box 100%
dapat menjalankan semua fungsional dengan baik dengan jumlah skenario yang diujikan adalah
berjumlah 33 skenario. Hasil metode SUS adalah 77% atau telah mencapai level good yang
telah diujikan kepada lima responden pihak pengelola dengan metode kuesioner.
Collections
- Informatics Engineering [2170]