Perancangan Sistem Berbasis Kasus Untuk Diagnosa Kerusakan Koneksi Speedy
Abstract
Speedy adalah brand dari layanan akses internet end-to-end yang berbasis akses
kabel tembaga yang menggunakan teknologi Asymmetric Digital Subscriber Line
(ADSL) dari PT TELKOM (persero). Perkembangan penggunaan “Speedy” yang
begitu pesat di indonesia juga memberikan konsekuensi kepada PT TELKOM
(persero) untuk memberikan pelayanan prima khususnya dalam penanganan
kasus-kasus kerusakan koneksi speedy yang dialami oleh pelanggan speedy.
Banyaknya kasus-kasus kerusakan koneksi speedy merupakan informasi penting
yang dapat dijadikan sebagai basis pengetahuan dalam merancang sebuah sistem
berbasis kasus untuk mendiagnosa kerusakan koneksi speedy. Pendekatan sistem
berbasis kasus merupakan teknik penyelesaian masalah untuk menemukan
kembali kasus yang mirip dengan kasus yang baru muncul yang akan dievaluasi
untuk menghasilkan solusi yang diusulkan. Bagian-bagian penting dalam proses
membangun basis kasus kerusakan koneksi speedy ini meliputi jenis modem, jenis
koneksi, jenis sistem operasi, gejala-gejala kasus kerusakan koneksi, tipe masalah
dan solusi.
Dalam penelitian ini akan disajikan perancangan sistem berbasis kasus untuk
mendiagnosa kerusakan koneksi speedy dengan membangun model arsitektur
sistem, konseptual sistem, perancangan basis data dan perancangan antarmuka
pengguna. Hasil dari perancangan ini merupakan salah satu alternatif perancagan
sistem bagi pihak yang berkepentingan dalam mengimplementasi sistem
komputerisasi untuk mendiagnosa kerusakan koneksi speedy.
Kata Kunci : Speedy, Diagnosa, Kerusakan, Sistem Berbasis Kasus
Collections
- Informatics Engineering [2170]