Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pemberian Informasi Obat Di RSUD Panembahan Senopati Bantul
Abstract
Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat
pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Dua unsur penting dalam upaya
peningkatan pelayanan kesehatan adalah tingkat kepuasan pasien sebagai
pengguna jasa dan pemenuhan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Tuntutan
pasien akan mutu pelayanan farmasi mengharuskan adanya perubahan pelayanan
dari paradigma lama (Drug Oriented) ke paradigma baru (Patient Oriented)
dengan filosofi pelayanan kefarmasian (Pharmaceutical Care). Penelitian ini
bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kinerja
pemberian informasi obat untuk pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD
Panembahan Senopati Bantul dan untuk menganalisis dimensi pelayanan
berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Dimensi mutu terdiri atas
Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. Penelitian ini adalah
penelitian Descriptive Correlation dengan pendekatan croos sectional. Metode
pengambilan sampel dilakukan dengan metode quota sampling. Pengambilan data
dalam penelitian ini melalui kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan metode analisis bivariat yakni uji Chi-Square dengan program
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 16.0. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pemberian informasi obat dikategorikan sedang. Serta
dimensi berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci : Mutu Pelayanan, Informasi Obat, Kepuasan Pasien
Collections
- Pharmacy [1444]