Show simple item record

dc.contributor.advisorGalang Prihadi Mahardhika, S.Kom., M.Kom.
dc.contributor.authorAIKAL ALFRIAN MUCJAL
dc.date.accessioned2021-11-10T06:49:07Z
dc.date.available2021-11-10T06:49:07Z
dc.date.issued2021-08-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34251
dc.description.abstractKebutuhan masyarakat terhadap industri acara cukup tinggi tingkat antusiasnya di Indonesia baik itu dalam skala besar atau kecil. Besarnya kebutuhan tersebut, peran event organizer maupun vendor sangatlah penting sebagai jawaban terhadap kebutuhan masyarakat. Namun, masyarakat masih kesulitan dalam memilih event organizer dan vendor yang tepat serta berkualitas untuk kegiatan acara mereka. Berdasarkan permasalahan tersebut, dikembangkan perangkat lunak berbasis website bernama Ivent ini sebagai wadah yang menghubungkan para konsumen dengan event organizer dan vendor. Pengguna Ivent dibebaskan dalam memilih dan menentukan event organizer dan vendor sesuai kebutuhan dan pilihan mereka. Peran anggota tim dalam proses pengembangan perangkat lunak Ivent di antaranya hustler berperan dalam membuat rancangan basis data sesuai spesifikasi kebutuhan pengguna, peran hipster dalam proses pengembangan yaitu dimulai dari rancangan wireframe hingga pembuatan antarmuka dari perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan Figma, sedangkan hacker berperan dalam proses implementasi dan pengembangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan framework Laravel. Website ini akan dikembangkan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Metode waterfall dinilai mampu meminimalisir kesalahan pada pengembangan perangkat lunak karena model alur pengembangannya yang linear serta struktur atau rangkaiannya yang jelas. Hasil dari pengembangan ini adalah perangkat lunak Ivent berbasis website dengan platform desktop. Website Ivent memiliki fitur pencarian yang mempermudah pengguna dalam mencari event organizer dan vendor. Proses pemesanan produk dan jasa pada website Ivent dapat diatur berdasarkan jumlah hari sesuai kebutuhan acara dari pengguna. Pengujian yang dilakukan pada pengembangan ini melibatkan 10 orang partisipan dengan menggunakan metode user acceptance testing dan black box testing. Hasil pengujian menggunakan metode user acceptance testing kepada pengguna mendapatkan persentase 94,4% serta fungsi perangkat lunak yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvent organizeren_US
dc.subjectE-commerceen_US
dc.subjectIventen_US
dc.subjectVendoren_US
dc.subjectWaterfallen_US
dc.titlePengembangan E-Commerce Vendor Dan Event Organizer Berbasis Website Dengan Metode Waterfallen_US
dc.Identifier.NIM17523135


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record