Show simple item record

dc.contributor.authorNovitasari AM, Asnia
dc.date.accessioned2017-08-14T03:59:58Z
dc.date.available2017-08-14T03:59:58Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.citationAsnia Novitasari AM (2016). Praktik Bisnis Pengusaha Muslim Tionghoa di Solo dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia.en_US
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/3423
dc.description.abstractEtika bisnis Islam merupakan panduan penting bagi seluruh pengusaha Muslim dalam menekuni bisnis yang sedang dijalani. Karena di dalam etika bisnis Islam ini terdapat aturan-aturan yang sesuai dengan Al Quran dan Hadits yang menjadi pedoman dan landasan bagi seluruh pengusaha Muslim. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis praktik bisnis pengusaha Muslim Tionghoa di Solo kemudian menganalisisnya dalam perspektif Etika Bisnis Islam yang menurut Haidar Naqvy meliputi empat aksioma yaitu: ketuhanan (unity), kesetimbangan (equilibrium), kebebasan (free will) dan pertanggungjawaban (responsibility). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk menganalisis praktik bisnis pengusaha Muslim Tionghoa di Solo dalam perspektif etika bisnis Islam. Secara metodologi, penelitian ini bersifat penelitian deskriptif analitik, yang mana tidak membutuhkan hubungan, ramalan ataupun implikasi. Sedangkan metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, apabila sampel yang digunakan sudah menjawab pertanyaan peneliti sesuai dengan kebutuhannya, maka penggalian data melalui wawancara bisa dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua dari informan penelitian sudah menerapkan praktik bisnis mereka sesuai dengan seluruh aksioma Etika Bisnis Islam, entah dari landasan ketuhanan (unity) yang menekankan kepada tujuan ibadah dan dakwah, kesetimbangan (equilibrium) yang menekankan kepada kejujuran dalam timbangan dan takaran serta penetapan harga yang adil, keendak bebas (free will) yang menekankan kepada kompetisi secara sehat, dan pertanggungjawaban (responsibility) yang menekankan kepada ZIS dan pemberian upah karyawan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Pascasarjana, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islamen_US
dc.subjectPengusaha Muslim Tionghoaen_US
dc.subjectAksioma Etikaen_US
dc.titlePRAKTIK BISNIS PENGUSAHA MUSLIM TIONGHOA DI SOLO DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAMen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record