Membangun Media Pembelajaran Online Untuk Perangkat Mobile (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IX Sekolah Menengah Pertama)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat proses
komunikasi menjadi semakin mudah dan cepat. Perangkat mobile membantu
pengguna teknologi dalam mengakses informasi. Selain itu, perkembangan pesat
ini tidak lain dikarenakan kebutuhan akan komunikasi dan pertukaran data yang
cepat dan mudah serta bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan sampai
saat ini proses belajar mengajar secara online di Indonesia masih dilakukan
melalui media e-learning. Peneliti bermaksud memanfaatkan perangkat mobile
sebagai media pembelajaran dengan mengembangkan mobile learning untuk
aplikasi pembelajaran. Aplikasi ini dikhususkan untuk mengatasi kesulitan siswa
SMP dalam mempelajari pelajaran bahasa Inggris di SMP 17 Purworejo.
Sehingga peneliti membantu mengatasi masalah tersebut dengan merancang
mobile learning utuk pembelajaran bahasa Inggris.
Dari permasalahan di atas maka pembuatan sebuah sistem menggunakan
media pembelajaran online menjadi solusi yang tepat. Oleh karena itu, sistem
yang dapat dibangun yaitu mobile learning. Mobile learning dengan studi kasus
pembelajaran bahasa Inggris kelas 9 ini dibangun menggunakan LMS (Learning
Management System) Moodle dan Mobile Learning Engine MLE-Moodle.
Di dalam sistem ini terdapat tiga user yaitu admin yang memiliki hak
akses tertinggi, pengajar sebagai pengelola mata pelajaran dan siswa sebagai user
yang tidak memiliki wewenang untuk memanipulasi data sistem. Agar dapat
mengakses data dari sistem mobile learning ini, user harus teregistrasi terlebih
dahulu. Siswa sebagai end-user dapat melakukan aktifitasnya di dalam sistem
mobile learning ini diantaranya yaitu mengunduh materi, meng-upload tugas,
serta mengerjakan kuis atau ulangan.
Kata kunci : mobile learning, e-learning, moodle, MLE-Moodle
Collections
- Informatics Engineering [2170]