Aplikasi SMSGateway Pengaduan Gangguan Listrik Dan Informasi Pemadaman
Abstract
Dalam pengelolaan sistem ketenagalistrikan, PLN beroperasi secara
terus menerus selama 24 jam dalam sehari, 465 hari dalam setahun. Untuk
melayani gangguan kelistrikan PLN telah memiliki layanan call center 124
sebagai pusat layanan informasi PLN. layanan ini disediakan untuk
mempermudah pelanggan dalam mengakses semua informasi penyebab
gangguan dan perkiraan waktu penyelesaian gangguan, serta informasi mengenai
pemadaman terencana di wilayah tertentu bisa diketahui dengan cepat. Dengan
menghubungi layanan call center 124, masyarakat dapat lebih cepat
menyampaikan informasi gangguan, mendapatkan informasi rekening listrik, dan
melakukan pendaftaran tambah daya.
Namun, dilain sisi seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan PLN
menyebabkan meningkatnya jumlah panggilan ke layanan call center 124 sehingga
pelanggan sulit menghubungi layanan call center 124. Hal ini menambah citra
negative kepada pihak PLN. Oleh karena itu, aplikasi sms gateway pengaduan
gangguan listrik dan informasi pemadaman diharapkan akan menjadi pilihan
yang tepat untuk menyampaikan informasi secara cepat dan menjadi alat bantu
untuk menyampaikan informasi mengenai pemadaman kepada pelanggan.
Seorang pelanggan yang ingin melaporkan adanya gangguan dapat mengirimkan
pengaduanya melalui sms. Selain itu juga pelanggan yang sudah terdaftar nantinya
akan diberitahu waktu adanya pemadaman di daerah pelanggan tersebut.
Kata kunci : call center, sms, sms gateway.
Collections
- Informatics Engineering [2148]