Analisis Potensi Likuifaksi Berdasarkan Data Spt Dan Cpt (Liquifaction Potential Analysis Based On Spt And Cpt Data) (Studi Kasus Pembangunan Jalur Ka Bandara New Yogyakarta International Airport)
Abstract
Likuifaksi atau pencairan tanah merupakan fenomena tanah kehilangan
kekuatan di akibatkan oleh adanya getaran atau gesekan yang mengakibatkan
tekanan air meningkat serta melemahnya daya ikat atau daya dukung pada suatau
tanah berpasir, kondisi tanah tersebut dapat ditemukan pada kawan Proyek Jalur
kereta api (KA) bandara New International Yogyakarta Airport (NYIA) oleh
karenanya potensi likuifaksi akan dianalisis berdasarkan data SPT dan CPT agar
dapat mengetahui potensi likuifaksi.
Metode yang digunakan yaitu berdasarkan metode yang dikembangkan oleh
Seed and Idris berdasarkan data SPT dan CPT, dari kedalaman data tersebut akan
didapatkan nilai CRR (Cyclic Resistance Ratio) dan CSR (Cryclic Stress Ratio)
sehingga didapatkan nilai tegangan cyclic atau ketahanan tanah likuifaksi, dari nilai
tersebut akan di bandingkan dengan SF (Safety Factor).
Hasil klasifikasi tanah metode USCS menunjukan persen lolos saringan
no.200 kurang dari 50% dari saringan tersebut dikelompokan menjadi SC (pasir
berlempung). Untuk perhitungan analisis data SPT didapatkan nilai CRR dan CSR
yang berada di titik pengujian dengan kedalaman berpariasi dengan nilai SF 0,1
sampai 0,9 dimana nilai SF kurang dari 1 artinya berpotensi likuifaksi dan pada
kedalaman tertentu nilai faktor koreksi pada setiap titik dengan nilai analisis <37,5
yang berarti perlu perbaikan tanah untuk dapat menahan beban seismic saat
terjadinya gempa bumi. Dan perhitungan data CPT bahwa nilai CRR dan CSR di
seluruh titik di kedalaman 1 sampai 12,6 m dengan nilai SF 0,01 sampai 0,4
memiliki nilai SF kurang dari 1, menunjukan potensi likuifaksi yang tidak dapat
menahan beban seismic saat gempa bumi.
Collections
- Civil Engineering [4220]