Upaya Pemerintah Dalam Membangun Brand Image Indonesia Melalui Kopi
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, diplomasi berkembang pesat sehingga
mempopulerkan beberapa terminologi baru, salah satunya adalah Gastrodiplomasi.
Pemerintah Indonesia dalam hal ini juga melakukan Gastrodiplomasi dengan beberapa
instrumen. Salah satunya adalah kopi, tercatat bahwa presiden Joko Widodo adalah presiden
Indonesia pertama yang tercatat menggunakan istilah “diplomasi kopi” secara eksplosit pada
kunjungan resmi ke Selandia Baru, mengindikasikan keseriusan pemerintahan Joko Widodo
dalam menggarap diplomasi kopi Indonesia. Meskipun demikian belum terdapat karya ilmiah
yang membahas secara detail mengenai hal ini. Oleh karena itu penelitian ini berusaha
membahas upaya pemerintah Indonesia dalam membangun citra Indonesia dengan
menggunakan kopi, serta membahas pula mengenai hasil yang muncul dari upaya-upaya
tersebut. Untuk menjawab dua hal tersebut, penelitian ini menggunakan Konsep Brand-
Image, yang mana terdiri dari tiga indikator yaitu pertama, nation brand, kedua,
communicators of nation brand dan ketiga nation brand image. Dari ketiga indikator tersebut,
penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya brand image yang dilakukan oleh Indonesia pada
masa presiden Joko Widodo tahun 2014 hingga 2018 dapat dikatakan berhasil. Keberhasilan
ini diukur berdasarkan indikator kualitatif yang ada pada konsep nation brand image.
Collections
- International Relations [531]