Penentuan Strategi Pemasaran Berbasis Kepuasan Pelanggan Dan Kesesuaian Harga (Studi Kasus: London Beauty Centre, Yogyakarta)
Abstract
Kebutuhan masyarakat akan kesehatan kulit mendorong semakin maraknya bisnis
klinik kecantikan kulit. Hal ini menuntut klinik kecantikan London Beauty Centre
harus memiliki sebuah strategi pemasaran yang baik. Dengan adanya pengukuran
tingkat kepuasan pelanggan dan kesesuaian harga, perusahaan dapat mengetahui
seberapa besar citra nama perusahaan dalam memenuhi kepuasan pelanggan
Strategi merupakan kumpulan kuputusan atas tindakan yang harus diambil
perusahaan agar dapat bertahan pada pangsa pasar. Pentingnya sebuah strategi
pemasaran yang berorientasi pada konsumen menuntut perusahaan harus memenuhi
kepuasan baik dari segi kinerja maupun harga yang diberikan, oleh karena itu
dilakukan penelitian untuk pengukuran evaluasi kinerja perusahaan dengan
menggunakan metode analisis SWOT, Important – Performance Analysis dan analisis
regresi berganda.
Hasil pengolahan data analisis SWOT menunjukkan perusahaan berada pada sel 4,
berarti perusahaan harus melakukan strategi diversifikasi dengan mengembangkan
dan memperbaiki kinerja keenam faktor yang kurang memuaskan. Hal ini bisa
dilakukan dengan mengoptimalkan SDM dan menambah jumlah tenaga kerja untuk
mengurangi waktu mengantri yang terlalu lama, pengadaan tempat penitipan barang
dan ruang ganti bagi pasien yang ingin melakukan perawatan, perbaikan layanan
persediaan di gudang untuk meminimalisir stock produk yang sering kosong,
menambah jumlah ruang periksa dan perawatan untuk meminimalisir waktu
mengantri, pengadaan training dan kursus secara rutin untuk meningkatkan skill dan
pengetahuan karyawan.
Keyword: strategi pemasaran, analisis SWOT, Important – Performance Analysis,
analisis regresi berganda
Collections
- Industrial Engineering [2238]