WORKSHOP PEMBUATAN GAME EDUKASI SECARA DARING DI SDMADYOTAMAN NO 38 SURAKARTA
Date
2021-10-13Author
Hasanah, Herliyani
Oktaviani, Intan
Nur Afif, Ikhsan
Metadata
Show full item recordAbstract
SDN Madyotaman No. 38 Surakarta yang berlokasi di Kecamatan Banjarsari Kota
Surakarta. Kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid 19 dilakukan secara daring. Kegiatan
pembelajaran secara semi daring tersebut untuk semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran
TIK. Kurikulum saat ini di SDN Madyotaman siswa belum diberikan keterampilan dasar
pembuatan game edukasi. Seiring dengan perkembangan ilmu komputer yang semakin pesat,
maka keterampilan pemanfaatan komputer bagi anak juga harus semakin ditingkatkan.
Tim pengabdian masyarakat Universitas Duta Bangsa Surakarta mendapat kesempatan
untuk bekerjasama dengan SDN Madyotaman No. 38 Surakarta. Sasaran kegiatan kerjasama
antara kami meliputi kegiatan pengenalan aplikasi Educandy, pendampingan materi, motivasi,
demo game GCompris, serta evaluasi program kemitraan bagi siswa siswi muslim SDN
Madyotaman No. 38 Surakarta dengan siswa praktek secara langsung pembuatan game
Educandy dan dikirimkan hasil game nya ke tim PKM.
Kegiatan PKM ini memotivasi peserta pelatihan dalam mengoptimalkan dari game
edukasi yang sudah dibuat untuk melatih soal - soal pembelajaran yang sudah diperoleh di
sekolah. Hasil evaluasi dari tes yang diberikan ke peserta yaitu, dari 32 peserta yang mengikuti
pelatihan 18 peserta yang mengirimkan praktek pembuatan game edukasi. Tim pengabdian
menyadari ada peserta yang tidak mengirimkan hasil evaluasi dikarenakan pelaksanaan secara
daring jadi tim tidak bisa memonitoring kepahaman peserta secara langsung.