“Perancangan Strategi Marketing Pada Usaha Warung Internet (Warnet) Dengan Penerapan Blue Ocean Strategy ” (Studi Kasus Warung Internet di Jalan Kaliurang, Yogyakarta)
Abstract
Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi
baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Warnet atau
Warung Internet, juga banyak dikenal sebagai Cafe Internet (internet cafe), semakin
menjamur di indonesia. Trend usaha di bidang Information Technology (IT) telah begitu
berkembang terutama sepuluh tahun terakhir ini, dimana akses internet semakin mudah
diakses oleh semua kalangan. Perkembangan pengguna internet (user) juga mengalami
peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Bisnis ini jadi tidak mudah ketika harus
memadukan 3 (tiga) kekuatan sekaligus, yaitu modal, teknik dan manajemen. Namun,
dengan semakin maraknya fasilitas berinternet di tempat-tempat umum dengan adanya hot
spot serta makin umumnya penggunaan laptop oleh masyarakat membuat warnet mulai
ditinggalkan. Perkembangan teknologi mobile menyebabkan bisnis layanan telekomunikasi
tak bergerak terkena imbasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang
harus dikembangkan oleh pengelola warung internet “KlikNet” untuk meningkatkan
kualitas pelayanannya sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan
pelanggan dan tindakan apa yang perlu diambil menggunakan Quality Function Deployment
(QFD). Berdasarkan hasil QFD dapat dilihat atribut mana yang akan dihapuskan,
dikurangi, ditingkatkan dan diciptakan guna terciptanya Blue Ocean Strategy (BOS) dengan
melihat posisi atribut pada Diagram Kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan Blue Ocean Strategy untuk untuk merancang strategi marketing yang baru
dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) adalah dengan menghapuskan
fasilitas penunjang keamanan, meningkatkan kecepatan akses dan fasilitas penunjang
kemudahan dan kenyamanan, serta tidak ada yang perlu dikurangi. Selain itu faktor yang
diusulkan untuk diciptakan berdasarkan keinginan konsumen adalah fasilitas hotspot dan
layanan live streaming. Hal tersebut dilakukan demi terciptanya ruang pasar baru yang
belum dilakukan pesaing. Selain itu juga semakin meningkatkan kualitas pelayanan warnet
“KlikNet”.
Kata kunci : Quality Function Deployment (QFD), Blue Ocean Strategy (BOS), Diagram
Kartesius, warung internet (warnet).
Collections
- Industrial Engineering [2246]