Aplikasi Berbasis Multimedia Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Tentang Olahraga Panjat Tebing
Abstract
Panjat tebing sudah dikenal masyarakat sejak lama bahkan oleh
masyarakat tradisional khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan yang karst.
Mereka melakukan pemanjatan guna mencari sarang burung atau sumber air.
Tetapi mereka tidak memakai sistem dan prosedur yang baku seperti dalam
olahraga panjat tebing sehingga faktor keamanan dan tingkat resiko yang dihadapi
sangatlah tinggi. Olahraga panjat tebing juga tidak asing bagi komunitas para
pencinta alam. Akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui
tentang hal-hal yang berhubungan dengan olahraga panjat tebing itu sendiri
terutama dalam hal berhubungan dengan faktor keamanan.
Aplikasi ini dibangun untuk memberikan alternatif penyampaian informasi
tentang olahraga panjat tebing pada para pelaku olahraga panjat tebing itu sendiri.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pembuatan aplikasi ini adalah
melakukan analisis kebutuhan, perancangan menggunakan Hierarchy Input
Process Output (HIPO), implementasi sistem dan melakukan pengujian sistem.
Dalam proses pembuatannya, aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Adobe
Flash dan CorelDraw.
Hasil akhir yang diperoleh dari aplikasi ini adalah ”Aplikasi Berbasis
Multimedia Sebagai Sarana Penyampaian Informasi tentang Olahraga Panjat
Tebing” yang bisa digunakan oleh para pelaku olahraga panjat tebing yang belum
tahu akan hal-hal yang berkaitan tentang olahraga panjat tebing khusunya dalam
faktor keamanan dalam olahraga panjat tebing . Aplikasi ini memiliki tujuh menu
utama yaitu sejarah, komponen dasar, sistem pemanjatan, teknik dasar, prosedur
pemanjatan, peralatan dan simpul. Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik
dan terdapat animasi-animasi pendukung sehingga mempermudah proses
pemahaman.
Kata kunci : Panjat Tebing, Multimedia, HIPO
Collections
- Informatics Engineering [2148]