Game Edukasi Penyelamatan Satwa Berbasis Multimedia
Abstract
Kepedulian kepada alam dan satwa perlu diajarkan sedini mungkin dengan tujuan
untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan, pemahaman dan sejumlah
kemampuan yang dipersyaratkan untuk membawa pemikiran yang positif kedalam seluruh
sisi kehidupan. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap alam dan satwa yang
khususnya berada di sekitar lingkungan masyarakat tersebut disebabkan karena
pembelajaran didominasi dengan metode yang tidak tepat, sehingga generasi muda
cenderung memakai pola pikir yang didapat sewaktu kecil dalam menjalani kehidupan
sampai dewasa. Berdasarkan hal itu, maka diperlukan usaha untuk mengembalikan
kepedulian terhadap alam dan satwa ini dirasa lebih mudah dan menarik bagi anak dan
remaja dengan sarana perangkat lunak, khususnya dalam media game penyelamatan satwa.
Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan HIPO, story board dan dikembangkan
dengan Adobe Flash CS3 karena software ini sudah mendukung animasi teks dan grafis
serta audio video. Ada beberapa tahapan dalam pengembangan aplikasi ini. Dimulai
tahapan analisis kemudian dilanjutkan tahapan perancangan dan pengembangan aplikasi.
Dalam aplikasi ini terdapat beberapa pilihan menu yang menampilkan semua aspek
yang diharapkan dari sebuah aplikasi game edukasi. Pilihan menu pengenalan satwa, foto,
video, sebagai metode edukasi yang disampaikan melalui teks, audio dan visual sedangkan
permainan sebagai metode edukasi interaksi langsung terhadap objek. Dengan demikian,
aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang pengenalan satwa yang mudah dimengerti,
dan dikemas dengan tampilan dan animasi yang cukup menarik.
Kata kunci : Game edukasi, satwa, story board.
Collections
- Informatics Engineering [2148]