Evaluasi Kebijakan Pengadaan Kebutuhan Kapal
Abstract
PT. Pertamina (Persero) Region VI Balikpapan Kalimantan Marine Departement adalah
bertanggung jawab terhadap kelancaran distribusi minyak di laut, Setelah kurang lebih enam tahun
beroperasi mengganti mesin kapal baru , dimungkinkan terdapat faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap jalannya proyek penggantian mesin kapal baru karena berbedanya situasi saat ini dengan
situasi pada saat dilakukan studi kelayakan enam tahun sebelumnya, sehingga perlu dilakukan
evaluasi untuk mengetahui apakah proyek tersebut masih layak untuk dijalankan.
Aspek financial perbaikan mesin kapal lama diperoleh NPV $ 482.006 sedangkan untuk
penggantian mesin kapal baru NPV $ 1.201.148 dan NPV kontrak kapal adalah $.1.069.480. nilai
IRR lebih besar dari yang disyaratkan perusahaan, yaitu untuk perbaikan mesin kapal lama 33,2 %
sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru 38,67 % dan nilai PI perbaikan mesin kapal lama
sebesar 1.09 sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru 1,03 sehingga investasi dikatakan
layak, Payback Period untuk perbaikan mesin kapal lama lebih 3 tahun, 10 bulan, 2 hari sedangkan
untuk penggantian mesin kapal baru 3 tahun 5 bulan 19 hari. Dari analisis sensitivitas diketahui
bahwa proyek untuk perbaikan mesin kapal lama layak jika aliran kas lebih besar dari $.281.615
sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru masih layak untuk dilakukan jika aliran kas lebih
besar dari $ 541.538.Ketiga alternative layak dilakukan karena alternative investasi bersifat
Mutually Exclusive maka hanya dipilih satu alternatif perhitungan yaitu alternatif ke II pembelian
mesin kapal baru.