Penentuan Rancangan Blue Ocean Strategy (BOS) Dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) Dan Swot Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis (Studi Kasus Taksi Indra Kelana Yogyakarta)
Abstract
Taksi Indra Kelana adalah salah satu perusahaan di Yogyakrta yang bergerak
dibidang pelayanan jasa taksi. Perusahaan ini terus berkembang dan selalu berusaha
untuk menarik minat pelanggan untuk menggunakan pelayanan taksi tersebut.
Dengan menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan SWOT
bertujuan untuk mengetahui keadaan perusahaan dimata pesaing dan mencari tingkat
kepuasan konsumen menggunakan layanan jasa ini, yang kemudian mendesain strategi
baru dengan menciptakan Strategi Samudera Biru (Blue Ocean Strategy). Strategi ini
merupakan suatu strategi khusus yang dapat membuka ruang pasar baru dan tanpa
pesaing.
Dalam penelitian ini, dilakukan penyebaran kuesioner yang didalamnya berisi 14
atribut kebutuhan konsumen Taksi Indra Kelana. Hasil dari kuesioner menunjukan
bahwa tingkat kepentingan masih jauh dengan keadaan sekarang dan masih tertinggal
jauh dengan pelayanan taksi pesaing. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan analisis
dengan menggunakan Blue Ocean Strategy. Dengan memfokuskan perusahaan pada
pelayanan terhadap pelanggan, yaitu dengan sikap ramah, dan sopan supir. Selain itu
strategi yang didesain oleh perusahaan adalah memberikan musik saat dalam perjalanan
dan memberikan imbalan kepada pelanggan yang setia menggunakan Taksi Indra
Kelana, yang nantinya pelanggan akan mendapatkan potongan biaya sebanyak 10%
untuk setiap 5 kali pemakaian, dan mendapatkan merchandise (gelas, payung, kaos, dl)
untuk setiap 8 kali pemakaian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan
dan pendapatan perusahaan, sehingga peusahaan dapat keluar dari persaingan.
Kata kunci : Blue Ocean Strategy, SWOT, Quality Function Deployment , fokus
Collections
- Industrial Engineering [2235]