Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Elisa Kusrini, MT.
dc.contributor.authorRenky Aquinaldo
dc.date.accessioned2021-10-28T01:23:43Z
dc.date.available2021-10-28T01:23:43Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33765
dc.description.abstractPersaingan yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat, baik dari segi ukuran, waktu dan jumlah produksi. Pada manajemen persediaan konvesional, permasalahan persediaan untuk pemanufaktur dan pembeli dikelolah secara independent, sehingga hasil perhitungan persediaan untuk pemanufaktur tidak sama dengan hasil perhitungan persediaan untuk pembeli. Selain itu, pada CV. Batik Indah Rara Djonggrang tingkat permintaan dan Lead Time berada dalam kondisi ketidakpastian (Uncertainty). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dengan mengkombinasikan antara model Joint Economic Lot Size (JELS) dengan pendekatan logika Fuzzy, yaitu Fuzzy segitiga. Dari hasil penelitian didapat bahwa jumlah pemesanan optimal pada model sebelum penggabungan sebanyak 2,9 unit, model sesudah penggabungan sebanyak 2,46 unit dan kondisi real sebanyak 2,79 unit. Jumlah pengiriman optimal pada model sebelum penggabungan sebanyak 8 kali, model sesudah penggabungan sebanyak 10 kali dan kondisi real sebanyak 1 kali. Kemudian untuk faktor pengaman optimal pada model sebelum penggabungan adalah 1,87, model sesudah penggabungan adalah 1,94 dan kondisi real yaitu 0. Sedangkan untuk total biaya gabungan yang diperoleh dari penjumlahan antara total biaya pemanufaktur dan total biaya pembeli, pada model sebelum penggabungan total biaya gabungan sebesar Rp. 1.261.547,92/tahun, pada model sesudah penggabungan sebesar Rp. 1.250.665,64/tahun dan pada kondisi real sebesar Rp. 1.910.189,74/tahun. Kata kunci : Independent, Joint Economic Lot Size, Logika Fuzzy, Uncertainty, Lead Timeen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIndependenten_US
dc.subjectJoint Economic Lot Sizeen_US
dc.subjectLogika Fuzzyen_US
dc.subjectUncertaintyen_US
dc.subjectLead Timeen_US
dc.titleModel Penentuan Ukuran Lot Gabungan Dalam Sistem Rantai Pasok Dengan Fuzzy Permintaan Dan Fuzzy Lead Time (Studi Kasus: CV. Batik Indah Rara Djonggrang, Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM06522135


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record