Usulan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Swot Sebagai Dasar Penerapan Bos Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Kasus Pada Mailbox Distro, Yogyakarta)
Abstract
Strategi Samudera Biru (Blue Ocean Strategy) merupakan suatu strategi khusus yang dapat membuka ruang pasar baru dan tanpa pesaing. Untuk dapat bertahan di dalam persaingan, perusahaan yang baik tidak harus memenangkan persaingan, tetapi berusaha meninggalkan persaingan dan membuat sesuatu yang baru dan belum pernah dipikirkan maupun dilakukan oleh pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari perusahaan serta sistem dari kerangka kerja empat langkah serta untuk memberikan masukan kepada perusahaan yang bersangkutan tentang faktor-faktor strategi alternatif yang bisa dilakukan bila dilihat dari sisi peluang, kekuatan, ancaman dan kelemahan yang ada pada perusahaan serta untuk menerapkan Blue Ocean Strategy yang dapat membantu pihak manajemen dalam menetapkan faktor-faktor strategis yang tepat kedepan. Dalam penelitian ini alat-alat analisis yang digunakan adalah Blue Ocean strategy serta dikombinasikan dengan analisis SWOT yang merupakan alat pendukung terciptanya Blue Ocean Strategy ini. Hasil penelitian menunjukkan ffaktor keramahan karyawan dan kenyamanan layout tempat diusulkan dilakukan peningkatan, kemudian faktor yang harus ditingkatkan adalah faktor kualitas barang dan faktor kelengkapan barang, strategi yang dapat difokuskan adalah peningkatan kualitas barang dan kelengkapan barang. Sedangkan divergensi yang disarankan adalah membership dan diskon kartu pelajar. Dan untuk motto yang telah ada sekarang yaitu “be fashionable and stay up to date with high quality and limited edition one” dianggap cukup baik karena mampu menyampaikan pesan secara jelas dan mencakup keseluruhan dari aspek yang ada.
Kata kunci : Blue Ocean Strategy, SWOT, fokus, divergensi, dan motto
Collections
- Industrial Engineering [2247]