Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pemberian Informasi Obat Di RSUD Panembahan Senopati Bantul
Abstract
Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Dua unsur penting dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan adalah tingkat kepuasan pasien sebagai pengguna jasa dan pemenuhan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Tuntutan pasien akan mutu pelayanan farmasi mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (Drug Oriented) ke paradigma baru (Patient Oriented) dengan filosofi pelayanan kefarmasian (Pharmaceutical Care). Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kinerja pemberian informasi obat untuk pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Panembahan Senopati Bantul dan untuk menganalisis dimensi pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Dimensi mutu terdiri atas Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. Penelitian ini adalah penelitian Descriptive Correlation dengan pendekatan croos sectional. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode quota sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis bivariat yakni uji Chi-Square dengan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian informasi obat dikategorikan sedang. Serta dimensi berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci : Mutu Pelayanan, Informasi Obat, Kepuasan Pasien
Collections
- Pharmacy [1444]