Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pemberian Informasi Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sleman Periode 19 Februari - 19 Maret 2011
Abstract
Pasien rawat jalan sangat membutuhkan informasi yang lengkap tentang obat
yang akan digunakan, tanpa adanya informasi yang lengkap dan tepat tentang
penggunaan obat, efek samping dan informasi lainnya yang berkenaan dengan obat
memberikan dampak yang merugikan dan kemudian akan berdampak kepada
kepuasan pasien. Melalui penelitian mengenai kepuasan ini diharapkan Apoteker di
Instalasi Farmasi RSUD Sleman dapat memberikan pelayanan pemberian informasi
obat yang terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner,
penyebaran kuesioner dilakukan dengan metode purposive sampling sebanyak 104
responden. Dimensi Servqual di analisis menggunakan analisis deskriptif dengan
SPSS for Windows 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase kualitas
pemberian informasi obat pada dimensi Servqual, menurut persepsi responden yang
dirasakan telah baik terutama pada dimensi Reliability (81,7%) dan menurut kepuasan
pasien, yang paling negatif adalah pada dimensi Empaty dan Tangibles (-0,42).
Kata Kunci: Kualitas Pemberian Informasi Obat, Kepuasan Pasien, dimensi Servqual
dan Instalasi Farmasi RSUD Sleman
Collections
- Pharmacy [1444]