Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Rini Darmawati, MT
dc.contributor.authorGalih Landung Budiyanto
dc.date.accessioned2021-10-19T02:22:39Z
dc.date.available2021-10-19T02:22:39Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33381
dc.description.abstractMasa anak-anak merupakan masa terpenting yang mempengaruhi masa depan seseorang. Pada masa tersebut, seorang anak mulai peka dalam menyerap informasi dan pengetahuan di sekitarnya sehingga perlu diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Oleh karena itu diperlukan suatu bentuk fasilitas yang dapat membantu anak-anak belajar, mewadahi aktivitas dan rasa ingin tahu anak sekaligus melatih kreativitas mereka untuk memenuhi kebutuhan pengembangan ilmu dan kreativitas anak-anak di era globalisasi, dimana teknologi digital berkembang dengan cepat. Atas dasar itu maka muncul gagasan untuk merancang sebuah Perpustakaan Anak yang tidak hanya sebagai tempat belajar yang hanya dapat memberikan informasi pendidikan namun sekaligus menjadi tempat yang rekreatif yang dapat memberikan hiburan dan bermain bagi anak-anak sehingga dapat menarik minat baca anak dimana situasi belajar learning with effort akan dapat digantikan dengan learning with fun. Permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah Bagaimana merancang Perpustakaan Anak yang didukung dengan fasilitas multimedia interaktif yang dapat mengakomodasi kegiatan belajar anak dan Bagaimana merancang tata ruang dalam Perpustakaan Anak sehingga dapat menciptakan suasana rekreatif yang dapat menunjang kegiatan anak – anak pada usia prasekolah 3 – 6 tahun dan usia sekolah 6 – 12 tahun ? Metode yang digunakan dalam perancangan Perpustakaan Anak Di Yogyakarta ini secara umum terbagi menjadi 3 yaitu pengumpulan data, analisa data dan pengujian desain. Pada metode pengumpulan data, dilakukan pengamatan perilaku pada anak-anak usia prasekolah ( 3–6 Tahun ) dan usia sekolah ( 6-12 tahun ) yang berkunjung dan memanfaatkan fasilitas multimedia interaktif dan perpustakaan di Taman Pintar Yogyakarta, kemudian wawancara terhadap orang tua dan anak-anak. Dalam metode analisa data, menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisa yang bersifat eksperimen. Sedangkan pada metode pengujian desain, menggunakan gambar-gambar 3 dimensi (3D) hasil rancangan. Dari hasil pemaparan diatas, maka target yang akan dihasilkan adalah menciptakan ruang dalam Perpustakaan Anak yang rekreatif, dengan warna warna ceria, dan dekorasi ruang untuk menghadirkan tema/ karakter ruang serta didukung dengan fasilitas Multimedia Interaktif yang dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan kepada anak-anak usia prasekolah dan usia sekolahen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerpustakaan Anak Di Yogyakartaen_US
dc.subjectMultimedia Interaktifen_US
dc.subjectSuasana Rekreatifen_US
dc.subjectPerancangan Ruang Dalamen_US
dc.titlePerpustakaan Anak Di Yogyakarta Multimedia Interaktif sebagai Faktor Pendukung Suasana Rekreatif pada Perancangan Ruang Dalamen_US
dc.Identifier.NIM02512032


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record