Dinamika Psikologis Tenaga Pendidik dalam Menggunakan Teknologi di masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dinamika psikologis pada tenaga pendidik dalam menggunakan teknologi di masa pandemi. Partisipan dalam penelitian ini adalah seorang tenaga pendidik yang aktif menggunakan teknologi dan berdomisili di Yogyakarta. Peneliti menggunakan desain penelitian fenomenologi karena berhubungan erat dengan kondisi saat ini. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Adanya kondisi pandemi COVID-19 saat ini membuat semua aspek kehidupan khususnya pendidikan cukup memprihatikan karena diberlakukannya PSBB hampir di seluruh daerah di Indonesia. Berkembangnya dunia teknologi dengan pesat menjadikan teknologi menjadi salah satu jalan terbaik agar pembelajaran tetap terlaksana di masa pandemi ini. Dari hasil penelitian gambaran dinamika psikologis ketiga responden dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran daring didapati ketiga responden mampu mengeksplor adanya penggunaan teknologi tersebut. Semula satu dari ketiga responden merasa kaget dengan perubahan metode pembelajaran menjadi daring, dua diantaranya dengan cepat mampu beradaptasi dan merasa siap. Seiring berjalannya waktu ketiga responden tersebut memiliki semangat untuk memahami dan mendalami penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran daring. Meskipun ketiga responden memiliki beberapa kendala yang hampir sama dalam proses pembelajaran daring namun ketiga responden memiliki upaya agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Ketiga responden semangat dan optimis mengikuti pelatihan agar menunjang kemampuannya dalam penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran daring. Sehingga ketiga responden dapat beradaptasi dengan baik.
Collections
- Psychology [2173]