Penerapan Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 1 Ngaglik Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berangkat dari sejumlah permasalahan terkait penerapan pendekatan saintifik yang dirumuskan dalam kurikulum 2013, khususnya dalam penerapan pendekatan saintifik model problem based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Ngaglik Yogyakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan saintifik model problem based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu guru PAI kelas VII, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan Kepala SMP Negeri 1 Ngaglik sedangkan objeknya yaitu implementasi pendekatan saintifik model problem based learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Analisis data dilakukan dengan model interaktif dari Miles dan Huberman yaitu, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik sudah berpedoman pada silabus dan RPP yang ditetapkan oleh Permendikbud Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016, (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik memenuhi standar pendekatan saintifik model problem based learning, guru sudah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada pendekatan saintifik model problem based learning dengan baik, sedangkan (3) Evaluasi yang digunakan belum sesuai dengan kaidah penilaian auentik kurikulum 2013 karena guru PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Ngaglik tidak melaksanakan penilaian jurnal.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Model Problem Based Learning, Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam