Genealogi Dan Kontribusi Ibnu Khaldun TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Kitab al-Muqaddimah Karya Ibnu Khaldun)
Abstract
Genealogi merupakan pembahasan mengenai evolusi dari
sekelompok orang sepanjang beberapa generasi. Genealogi dalam
penelitian ini dimaknai sebagai proses Ibnu Khaldun lahir dan
berkembang menjadi seorang figur atau ahli dalam bidang ilmu
pengetahuan. Ibnu Khaldun setidaknya telah memberikan kontribusi
dalam dunia pendidikan yang dimana meliputi tujuh komponen
pendidikan dewasa ini.
Pertanyaan penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui
genealogi Ibnu Khaldun di dalam kitab al-Muqaddimah? Kedua,
untuk mengetahui Kontribusi Ibnu Khaldun terhadap pendidikan
Islam? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan histori atau
sejarah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis content/isi dan analisis taksonomi.
Hasil penelitian ini adalah (1) berdasarkan teori bahwasanya
seorang untuk menjadi ahli dan pakar di bidang tertentu dipengaruhi
berbagai hal yang mengitari begitu juga dengan Ibnu Khaldun untuk
menjadi ulama besar, tokoh pendidikan, bapak sosiologi, ahli filsafat,
ekonom, ahli sejarah, dan pakar politik. Dipengaruhi berbagai aspek
seperti dari silsilah keluarga, guru-gurunya, pengaruh lingkungan
sosial-politik-agama, kultural, siapa yang berkuasa pada saat itu,
pendidikan yang di tempuh, tempat belajar, buku-buku yang
dipelajari, tempat-tempat yang di kunjungi dan kecerdasan individu.
(2) kontribusi Ibnu Khaldun terhadap pendidikan Islam setidaknya
memenuhi tujuh komponen pendidikan, yakni Tujuan pendidikan,
Peserta didik, Pendidik, Metode pendidikan, Pendidikan atau materi
pendidikan, Lingkungan pendidikan, Alat dan fasilitas pendidikan
Kata kunci: Genealogi, Ibnu Khaldun, Pendidikan Islam