Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Akhsyim Afandi., M.A., Ph.D.
dc.contributor.authorMiratun Hidayati
dc.date.accessioned2021-10-15T00:17:12Z
dc.date.available2021-10-15T00:17:12Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33308
dc.description.abstractPerdagangan internasional dapat memicu semangat untuk meningkatkan daya saing ekspor produk Indonesia, sehingga dapat menghentikan produk luar negeri yang masuk ke Indonesia. Sektor pertanian mempunyai peranan yang cukup penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia dan dalam kegiatan perdagangan internasional. Teh merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan yang mempunyai peran cukup penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia. Teh juga salah satu komoditi ekspor Indonesia yang cukup penting penting sebagai penghasil devisa negara sesudah minyak dan gas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing teh Indonesia di pasar teh dunia dengan menggunakan pendekatan Constant Market Share (CMS). Jenis data berupa data sekunder dan diambil dari International Trade Center. Data pertumbuhan eskpor teh dunia. masalah- tersebut disebabkan karena komposisi produk teh yang diekspor Indonesia kurang mengikuti kebutuhan pasar, negara-negara tujuan ekspor teh Indonesia kurang ditujukan ke negara-negara pengimpor teh yang memiliki pertumbuhan impor teh tinggi, seperti negara Russian, United Kingdom (UK), United State of America (USA), United Emirate Arab (UAE), Pakistan, Kenya, Egypt, Pakistan, Iran dan Morocco. Daya saing teh Indonesia di pasar teh dunia yang masih lemah. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor teh Indonesia, diperlukan upaya untuk meningkatkan komposisi produk teh melalui peningkatan ekspor teh Indonesia dalam bentuk produk-produk hilir (teh hitam kemasan dan teh hijau kemasan) dan teh hijau curah. selain itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan pengaruh distribusi pasar. Pada aspek daya saing, daya saing Indonesia masih tergolong rendah bila dibandingkan negara-negara produsen lain lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDaya Saing Eskpor Teh Indonesiaen_US
dc.subjectPasar Teh Dunia (Periode 2011-2015)en_US
dc.titleDaya Saing Eskpor Teh Indonesia Di Pasar Teh Dunia (Periode 2011-2015)en_US
dc.Identifier.NIM15313213


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record