Implementasi General Life Skill Melalui Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja Pada Siswa Di SMP N 3 Panggang Gunungkdiul
Abstract
Mantoyo : “Implementasi General Life Skill melalui Pendidikan Agama Islam
Sebagai Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja Pada Siswa di SMP N 3
Panggang Gunungkidul”.
Remaja masa sekarang dihadapkan pada arus dinamika kehidupan yang
kompetitif. Dekadensi moral yang terjadi pada remaja mendesak untuk dicarikan
problem solvingnya. Pendidikan agama Islam berbasis General Life Skill
merupakan model pembelajaran tematik_integratif yang diharapkan mampu untuk
menumbuhkan kecakapan hidup pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah
implementasi general life skill melalui pendidikan agama Islam sebagai upaya
penanggulangan kenakalan remaja pada siswa SMP N 3 Panggang Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif_diskriptif. Pengumpulan
data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan merupakan analisis data model Milles dan Hubberman, yaitu
dengan langkah-langkah; pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi general life skill melalui
PAI, yaitu dilaksanakan dengan cara reorientasi rancangan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode kooperatif learning, dan
pelaksanaan pendidikan karakter disekolah. (2) Hasil dari implementasi general
life skill dalam PAI sebagai upaya penanggulangan kenakalan remaja adalah a).
Terbentuknya kecakapan personal, yaitu kecakapan spiritual, kesadaran potensi
diri dan kecakapan berfikir rasional. b). Tumbuhnya kecakapan sosial, yaitu
kecakapan berkomunikasi secara positif dan kecakapan berkolaborasi/bekerja
sama.