Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. H. Ahmad Darmadji, M.Pd.
dc.contributor.authorLUTHFIA KAMALIA
dc.date.accessioned2021-10-14T04:13:33Z
dc.date.available2021-10-14T04:13:33Z
dc.date.issued2021-06-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33277
dc.description.abstractPandemi Covid-19 ini menimbulkan dampak bagi aspek pendidikan. Akhirnya kegiatan sekolah dialihkan di rumah. Kegiatan Pendidikan Agama Islam pada anak di sekolah juga dialihkan ke rumah. Sehingga orang tua berperan penting dalam masa belajar dari rumah yang diterapkan oleh pemerintah. Namun banyak kendala yang terjadi bagi orangtua terutama bagi para ibu-ibu yang sedang mengikuti pelatihan keterampilan menjahit. Di pelatihan ini ibu-ibu juga harus aktif hadir. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengungkapkan bagaimana problem para ibu-ibu pelatihan di LKP Dwi Sakti dalam memdampingi anak selama pandemi ini dan problem solving dari orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisa data mengunakan analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan pertama: problem para ibu-ibu pelatihan di LKP Dwi Sakti dalam memdampingi anak selama pandemi Covid-19 yaitu kurangnya pendampingan dari orang tua/wali, keterbatasan waktu pendampingan dari orang tua/wali, Masalah Internet (Jaringan) Sehingga Video Terjeda, Keterbatasan Media Untuk Komunikasi (HP full memory), Kehabisan Kouta, Anak Merasa Tidak Memiliki Tanggung Jawab (Kurang Disiplin), Suasana hati (mood) anak. Kedua, Problem solving dari orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 yaitu Guru memberikan atau memperpanjang waktu pengumpulan tugas kepada orang tua yang memiliki kesibukan lain, Menggunakan jasa Asisten Rumah Tangga (ART), Video rangkuman pelajaran sebagai antisipasi gangguan internet ketika pembelajaran, Mempersiapkan media tambahan, Mendisiplinkan anak, Komunikasi dengan anak sebelum belajar.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectOrangtuaen_US
dc.subjectAnaken_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titleProblematika Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Lembaga Kursus Dan Pelatihan Dwi Sakti Sleman)en_US
dc.Identifier.NIM18913073


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record