Konsep Pendidikan Islam Menurut Syaed Naquib Al Attas Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia Tingkat Madrasah Aliyah
Abstract
Pendidikan merupakan proses perbaikan, penguatan, dan penyempurnaan
terhadap semua kemampuan dan potensi manusia.pendidikan juga dapat diartikan
sebagai suatu ikhtiar manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilainilai
dan kebudayaan yang ada dalam masyarakat.
Dalam era global sekarang ini, banyak sekali para generasi muda yg
enggan untuk mempelajari ilmu-ilmu keagamaan, dan banyaknya kemerosotan
moral , karena ilmu keagamaan dipandang hanya berorientasi kepada hal setelah
mati. Mereka tidak lah mengetahui akan pentingnya agama sebagai jalan
memperoleh kebahagiaan di dunia. Banyak generasi muda yang sudah tidak
mencerminkan adab sebagai seorang yang terpelajar. Mereka tidaklah lagi
bersikap sebagai orang yang beradab kepada orang yang lebih tua.
Tesis ini akan menelaah tentang Bagaimana Konsep pendidikan islam
menurut Syaed Naquib Al Attas dan Bagaimana Relevansinya konsep pendidikan
islam menurut Syaed Naquib Al Attas dengan pendidikan islam di Indonesia
tingkat Madrasah Aliyah.
Maka Peneliti akan menggunakan pendekatan secara rasional dan
fenomenologi, dengan melihat fenomena yang terjadi di lingkungan pendidikan
islam di Indonesia. Dan penulis akan menggunakan metode observasi dan
dokumentasi terhadap berbagai sumber-sumber yang ada, baik sumber primer dan
sumber sekunder.
Dari hasil penelitian penulis menemukan adanya relevansi antara Konsep
Syaed Naquib Al Attas dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia tingkat
madrasah aliyah yang berkenaan dengan tujuan pendidikan islam, kurikulum,
pendidik, peserta didik dan metode pendidikan islam.
Kata Kunci : Al Attas, Madrasah Aliyah, Relevansi