Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Putrya Hawa, M.Biomed.
dc.contributor.advisordr. Yenny Dyah Cahyaningrum, MedED
dc.contributor.author13711080 Raihan Ar' Rachman
dc.date.accessioned2021-10-12T09:24:32Z
dc.date.available2021-10-12T09:24:32Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33191
dc.description.abstractLatar Belakang : Farmakologi adalah mata kuliah penting bagi mahasiswa kedokteran. Menurut Tobaiqy et al.(2007), 53-59% dari 90 orang dokter yang baru lulus di Inggris memiliki pemahaman yang rendah mengenai farmakologi. Sebanyak 2.413 mahasiswa kedokteran dan dokter yang baru lulus memilki pemahaman yang lemah mengenai materi farmakologi dan cara penulisan resep (Heaton et al, 2008), Tujuan : Untuk memahami persepsi mahasiswa program studi pendidikan dokter UII angkatan 2013 mengenai pembelajaran farmakologi. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari narasumber melalui proses focus group discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Hasil : Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui kuliah tidak efektif karena metode mengajar dosen yang kurang optimal. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui praktikum tidak efektif karena jumlahnya yang terlalu sedikit dan asisten dosen kurang menguasai materi yang disampaikan. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui keterampilan medik efektif karena dilakukan dalam kelompok kecil dan di bimbing oleh instruktur yang sudah ahli. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui diskusi tutorial tidak efektif karena selama diskusi mahasiswa lebih fokus membahas patogenesis penyakit. Kesimpulan : Keterampilan medik adalah metode pembelajaran Farmakologi paling efektif. Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Farmakologi, Kualitatifen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectPembelajaran Farmakologien_US
dc.subjectKualitatifen_US
dc.titlePersepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK UII Angkatan 2013 Mengenai Pembelajaran Farmakologien_US
dc.Identifier.NIM13711080


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record