Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Supriyanto Pasir, S.Ag., M.Ag.
dc.contributor.authorSiti Nur Hayati
dc.date.accessioned2021-10-11T08:53:38Z
dc.date.available2021-10-11T08:53:38Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33134
dc.description.abstractPerhatian orangtua merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan keberhasilan belajar anak. Namun pada kenyataanya masih banyak orangtua siswa di SD Negeri Keputran Klaten yang kurang memperhatikan aspek-aspek tersebut. Dengan demikian perlu diadakannya penelitian untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar anak khususnya pada kemampuan kognitif anak usia 9-11 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk seberapa besar pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar anak khususnya pada kemampuan kognitif anak. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas III, IV dan V SD Negeri 2 Keputran Klaten tahun akademik 2016/2017. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif sehingga pengambilan data menggunakan angket. Untuk menentukan jumlah sample digunakan stratified random sampling, yaitu mengelompokkan populasi menjadi beberapa kelompok yang memiliki ciri-ciri yang sama kemudian memilih secara simple random sampling anggota populasi yang diinginkan dari masing-masing kelompok secara proporsional. Adapun teknik analisis yang digunakan ialah regresi linier sederhana dengan Metode Kuadrat Terkecil yang diolah dengan bantuan SPSS Versi 22 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan antara Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kemampuan Kognitif Anak Pada Usia 9-11 Tahun 20016/20017 Di SD Negeri 2 Keputran Klaten. Dibuktikan dengan besarnya nilai t hitung sebesar 6.383. Sedangkan nilai ttabel untuk α = 0.05 (5%) dengan derajat kebebasan 42 (n – 2 = 44 – 2) diperoleh 2.021. Ini berarti thitung>ttabel (6.383> 2.021) maka dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima. Besarnya sumbangan pengaruh variable independen (Perhatian Orangtua) terhadap variable dependen (Hasil Belajar Siswa Pada Kemampuan Kognitif) adalah sebesar 49.2%, sedangkan sisanya 50.8% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Perhatian Orangtua, Hasil Belajar Kognitifen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerhatian Orangtuaen_US
dc.subjectHasil Belajar Kognitifen_US
dc.titlePengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kemampuan Kognitif Anak Usia 9-11 Tahun Di SD Negeri 2 Keputran Kemalang Klaten Tahun 2016/2017en_US
dc.Identifier.NIM13422047


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record